Jumat, 24 Mei 2013

Judge Me

hak setiap orang untuk memberi opini akan suatu hal, sampai menilai kehidupan seorangpun bisa menjadi sah-sah saja untuk dilakukan. tapi apa kemudian yang diinginkan dari menilai kehidupan orang lain? pandangan nyinyir mereka terhadap kehidupan seseorang bisa jadi berujung masalah bagi mereka sendiri. tidak ada satupun manusia di muka bumi ini yang ingin kehidupannya menjadi buruk dan menjadi bahan segar untuk "dinilai". kita bukan hidup dalam sebuah talent show yang membutuhkan arahan dari seorang mentor yang memang dibutuhkan penilaian untuk penampilan yang terbaik. kita hidup di kehidupan nyata nan menyalak. ya kita memang saling membutuhkan untuk bertahan hidup, tapi bukan berarti kemudian kita bisa mengambil alih kendali akan kehidupan orang lain. 

sudahkan diri ini kita nilai sendiri? sudah layakkah kita untuk menjadi hakim bagi kehidupan orang  lain? terkadang hal ini kita lupakan, dan menjadi suatu kenikmatan tersendiri ketika kita membahas yang lain. manusia tempatnya lalai, ya tidak ada manusia sempurna. tapi apakah kita akan hidup untuk ketidak semprnaan? menilai seseorang tidaklah menjadikan kita manusia paling hebat di dunia ini saya rasa. mungkin tanpa disadari ketika kita mencoba untuk menjadi hakim akan kehidupan seseorang, untuk yang sebenarnya itulah yang tengah terjadi di kehidupan kita tanpa kita sadari. 

apa yang terjadi di kehidupan ini sudah menjadi urusan masing-masing, dan mempunyai batasannya untuk dimasuki oleh orang lain, ya terdapat batasan untuk kita mencampuri atau bahkan sampai menghakiminya. bisa saja kita sekedar untuk memberi saran jika dibutuhkan, namun bukan omongan yang menyudutkan orang lain. tentu kita juga tidak akan menyukai ketika seseorang terlalu dalam mencampuri urusan kita. kita bisa nyaman dengan kehidupan  ini, senyaman berjalan di atas pasir lembut pinggir pantai sembari menikmati hembusan angin. tapi itu semua bisa berubah ketika mereka dengan mata menyalak mulai menyoroti kehidupan kita. memasuki ranah pribadi kita. mungkin akan lebih menyenangkan ketika hidup ini kita jalani berjalan beriringan untuk mencapai tujuan kita masing-masing dengan cara  kita masing-masing pula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar