Jumat, 26 Juli 2013

manusia

ketika manusia telah memasuki fase baru di kehidupannya, banyak hal baru yang akan mengikutinya yang berarti perlahan ia akan pula melupakan atau bahkan meninggalkan hal-hal dari fase sebelumnya. banyak yang tidak menyadari dan mengabaikannya begitu saja. yang dilakukan pada saat itu manusia mulai mencoba untuk menyesuaikan diri dan menerima fase tersebut. seharusnya fase baru dalam kehidupan bisa memberikan pelajaran dan menjadikan manusia setingkat lebih baik dari fase sebelumnya, tapi haruskah dengan meninggalkan sesuatu di belakang?

fase  baru, segala sesuatunyapun akan mengikuti untuk dilakukan dari awal lagi. tersibukkan dengan berbagai hal dan mungkin itu yang menjadi penyebab banyak hal yang terlupakan di belakang. bukan satu hal yang menyenangkan jika fase ini hanya membuat manusia menjadi sesosok monster aneh di lingkungannya. bertindak selayaknya manusia hebat dan memandang sebelah mata segala sesuatunya. terkadang mungkin hal itu dilakukan hanya untuk sebagai tameng akan kegelisahan di dalam diri. tidak semua manusia bisa menerima fase baru itu, namun mereka juga tidak ingin terlihat lemah dengan menyerah terhadap keadaan.

dan di saat itu, mereka akan sibuk dengan segala bentuk keluhan terhadap hidup mereka. keluhan yang mereka buat hanya untuk menghibur diri, berusaha terlihat seperti mereka yang paling mengerti dengan kehidupan. bahwa mereka tidak punya pilihan untuk mengelakkannya. benarkah? bukankah selalu ada pilihan untuk hidup ini? bagaimana dengan kalimat "hidup ini adalah pilihan."? begitu juga fase di kehidupan, suatu hal yang pasti akan dilewati, namun selalu ada pilihan bagaimana kita melangkah untuk mencapainya. langkah yang nantinya tidak menjadikan kita bukan diri kita.

manusia terkadang lupa, hidup bukan hanya untuk dikeluhkan tapi dijalani. hadapilah bahwa sekarang kita telah sampai pada fase baru di kehidupan. jangan jadikan itu sebagai alasan untuk mengubah diri menjadi sesuatu yang buruk, bersikap acuh apalagi meninggalkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar